Saturday, March 15, 2008

BAGAIMANA SEARCH ENGINE MELAKUKAN TUGASNYA

Saat kita mencari sesuatu dengan menggunakan Searc Engine (SE), spider, crawler, robot yang bekerja pada Se tersebut akan membedah index yang mereka miliki dan keluar menghadiahkan kita sejumlah data yang relevan terhadap permintaan kita.Terkadang bahkan diberi ranking sehingga memudahkan kita untuk menentukan mana yang paling relevan dengan apa yang kita butuhkan. Hebat ya...bayangkan jika kita ke perpustakaan dan menyebutkan 'kerajinan tangan' misalnya, sang pegawai pepustakaan tentu akan menuntut penjelasan lebih lanjut. Berbeda dengan SE, mereka tidak perlu bertanya untuk memfokuskan pencarian. Oleh karena itu SE bekerja dengan beberapa aturan dan batasan yang berhubungan dengan lokasi dan frekuensi.

Seperti aturan utama pada bisnis retail, Lokasi, Lokasi, dan Lokasi...tambahkan frekuensi, maka itu merupakan rulebook yang dipegang oleh SE dalam bekerja.

Andaikan sang pegawai perpustakaan itu memulai misalnya, tentu dia akan memberikan sejumlah buku yang memiliki judul mengandung frase 'kerajinan tangan' terlebih dahulu pada anda. Demikian halnya dengan SE, spider akan mencari URL yang mengandung kata kerajinan tangan pada judulnya (title). Lalu apa ? tentu dia akan mencari beberapa buku yang mengadung sub chapter kerajinan tangan, nah dalam hal ini berperanlah Meta Tags anda. Semua Searc Engine bekerja menurut tumus dasar tersebut. Seperti halnya para koki terkenal, mereka mungkin menggunakan resep dasar yang sama namun tentu menambahkan sedikit rahasia milik mereka sendiri sehingga masakan mereka menjadi unik dan berkarakter, Search Engine yang besar juga demikian. Mereka menambahkan parameter khas mereka sendiri dalam menyajikan data bagi anda. Bumbu yang mereka tambahkan itulah yang menyebabkan setiap kali kita melakukan searching dalam web kita menghasilkan data-data yang berbeda pada setiap search engine-nya. Beberapa search engine mengindex site lebih banyak dari yang lainnya, dan beberapa lebih sering memperbaharui databasenya. Sebagai contoh misalnya, excite menggunakan popularitas sebuah site untuk sedikit mengangkat rangkingnya pada result pages. Sementara beberapa yang lainnya mengangkat site yang isinya berguna bagi web (yang ditentukan oleh reviewer mereka). Hot Bot dan Infoseek memang menempatkan site dengan halaman yang memiliki meta tags yang baik dengan rangking yang lebih tinggi, namun tidak selamnya bergantung pada meta tags. Oleh karena itu bila anda benar-benar serius dalam bersaing dengan dunia global (ingat sebentar lagi kita akan bersaing penuh dengan bisnis barat) maka hal ini juga sebaiknya anda kuasai.

Bila ada tips yang menyarankan anda untuk melakukan tipuan agar site anda tampak lebih dahulu pada SE, hindari itu karena dewasa ini hampir semua SE besar telah menggunakan sistem anti spamming yang bagaimanapun tipuan kita gunakan mereka akan mengetahui dan kemudian berbalik menghukum kita dengan melakukan de-indexing, phew, kejam bukan.

Di bawah ini saya berusaha menjelaskan lebih dalam tentang beberapa Search Engine dan Directories (index) terkemuka yang ada di dunia.
Terkadang bahkan diberi ranking sehingga memudahkan kita untuk menentukan mana yang paling relevan dengan apa yang kita butuhkan. Hebat ya...bayangkan jika kita ke perpustakaan dan menyebutkan 'kerajinan tangan' misalnya, sang pegawai pepustakaan tentu akan menuntut penjelasan lebih lanjut. Berbeda dengan SE, mereka tidak perlu bertanya untuk memfokuskan pencarian. Oleh karena itu SE bekerja dengan beberapa aturan dan batasan yang berhubungan dengan lokasi dan frekuensi.

Seperti aturan utama pada bisnis retail, Lokasi, Lokasi, dan Lokasi...tambahkan frekuensi, maka itu merupakan rulebook yang dipegang oleh SE dalam bekerja.

Andaikan sang pegawai perpustakaan itu memulai misalnya, tentu dia akan memberikan sejumlah buku yang memiliki judul mengandung frase 'kerajinan tangan' terlebih dahulu pada anda. Demikian halnya dengan SE, spider akan mencari URL yang mengandung kata kerajinan tangan pada judulnya (title). Lalu apa ? tentu dia akan mencari beberapa buku yang mengadung sub chapter kerajinan tangan, nah dalam hal ini berperanlah Meta Tags anda. Semua Searc Engine bekerja menurut tumus dasar tersebut. Seperti halnya para koki terkenal, mereka mungkin menggunakan resep dasar yang sama namun tentu menambahkan sedikit rahasia milik mereka sendiri sehingga masakan mereka menjadi unik dan berkarakter, Search Engine yang besar juga demikian. Mereka menambahkan parameter khas mereka sendiri dalam menyajikan data bagi anda. Bumbu yang mereka tambahkan itulah yang menyebabkan setiap kali kita melakukan searching dalam web kita menghasilkan data-data yang berbeda pada setiap search engine-nya. Beberapa search engine mengindex site lebih banyak dari yang lainnya, dan beberapa lebih sering memperbaharui databasenya. Sebagai contoh misalnya, excite menggunakan popularitas sebuah site untuk sedikit mengangkat rangkingnya pada result pages. Sementara beberapa yang lainnya mengangkat site yang isinya berguna bagi web (yang ditentukan oleh reviewer mereka). Hot Bot dan Infoseek memang menempatkan site dengan halaman yang memiliki meta tags yang baik dengan rangking yang lebih tinggi, namun tidak selamnya bergantung pada meta tags. Oleh karena itu bila anda benar-benar serius dalam bersaing dengan dunia global (ingat sebentar lagi kita akan bersaing penuh dengan bisnis barat) maka hal ini juga sebaiknya anda kuasai.

Bila ada tips yang menyarankan anda untuk melakukan tipuan agar site anda tampak lebih dahulu pada SE, hindari itu karena dewasa ini hampir semua SE besar telah menggunakan sistem anti spamming yang bagaimanapun tipuan kita gunakan mereka akan mengetahui dan kemudian berbalik menghukum kita dengan melakukan de-indexing, phew, kejam bukan.

Di bawah ini saya berusaha menjelaskan lebih dalam tentang beberapa Search Engine dan Directories (index) terkemuka yang ada di dunia.

Yahoo!
http://www.yahoo.com/

Sebagai most popular search engine and index, rahasia sukses Yahoo! adalah manusia biasa. Yahoo! merupakan direktori terbesar di dunia yang dikelola oleh para pegawainya yang merupakan reviewer paling teliti dan berdedikasi untuk menyusun data base yang selama ini membuat searching di internet menjadi demikian mudah. 160 editor digunakan Yahoo! dan telah meng-compile lebih dari 1 juta site. Yahoo! adalah major web site directories paling tua yang telah ada sejak tahun 1994.

NewHoo
http://dmoz.org/
Saingan terberat Yahoo! sekarang adalah NewHoo, yang lebih dikenal dengan proyek OpenDirectory dan menggunakan relawan sebagai editornya dan mengklaim bahwa direktori mereka merupakan direktori terbuka sehingga dalam hal ini sedikit mengungguli Yahoo!. NewHoo juga digunakan oleh Netscape dalam menyaingi Microsoft. Sebagai open directory NewHoo menjadi rujukan bagi Altavista, dan HotBot. Lycos dan Aol juga menggunakan kategori dalam NewHoo untuk rujukan mereka.

Altavista
http://www.altavista.com/

Search Engine ini sangat baik dan mudah untuk digunakan. Merupakan SE yang dengan segera melakukan index pada site anda begitu anda serahkan. Paling lama 1 atau 2 hari, dan selama ini dikenal sangat baik dalam memberikan page result, sehingga kepopulerannya semakin hari semakin bertambah. Usahakan pertama kali anda melakukan pendaftaran site pada Altavista.
Infoseek
http://www.infoseek.com/
Setelah di akuisisi oleh GO yang merupakan kerjasama intara infoseek dan disney, infoseek merambah ke berbagai aspek internet. Namun fungsinya sebagai searc engine terkemuka tetap berjalan. Infoseek menggunakan kombinasi antar spider dan human editing data base. Oleh karenanya hasil yang dihasilkan merupakan data yang cukup akurat dan fokus, tidak seperti Altavista yang lebih luas jangkauannya.
GO merupakan alternatif alamat mereka.
Go To
http://www.goto.com/
Tidak seperti Search Engine yang lainnya, Go To menjual penempatan-nya, sehingga site yang berani menawar lebih banyak akan mendapatkan rangking yang lebih tinggi, demikian juga traffic yang didatangkan oleh Go To akan lebih fokus pada orang orang yang benar-benar mencari sesuatu produk.
Excite
http://www.excite.com/
Salah satu yang paling populer menawarkan index berukuran sedang yang terintegrasikan dengan material non web seperti informasi perdagangan dan hasil pertandingan olah raga. Menjadi semakin besar dan mampu mengakuisisi saingan mereka Magellan, dan WebCrawler, walau dengan servis yang tetap berjalan secara terpisah.
HotBot
http://www.hotbot.com/
Termasuk yang paling populer karena keluasan jangkauan cakupan index mereka. Serta berbagai fitur spesial lain seperti powersearch dan lain lain. Namun HotBot telah diakuisisi oleh Lycos Network namun tetap berjalan sebagaimana biasa. HotBot juga menggunakan direktori dari NewHoo.
Lycos
http://www.lycos.com/
Dengan berkembangnya Lycos Network, keberadaan Lycos sebagai search engine dan index semakin dihargai. Terlebih lagi semenjak mereka mengambil HotBot. Lycos, menyediakan berbagai sarana seperti mailcity, tripod, dan angelfire.
Snap
http://www.snap.com/
Seperti Lycos Network, Snap juga menyediakan berbagai layanan lain seperti homepage dan email gratis. Namun Search Engine yang mereka milki juga menyediakan database yang cukup luas dan diatur berdasarkan ketogori pada Open Direcory.

Demikian sedkit mengenai beberapa Search Engine dan Index terkemuka di dunia, bagaimana dengan Indonesia ? Ini beberapa diantaranya :

Arjuna
Search Indonesia
Dewa
IndoSeek

Kebanyakan masih menggunakan sistem pereti pada Yahoo! yakni dengan beberapa editor melakukan index terhadap site yang didaftarkan pada mereka. Kebutuhan atas basis bisnis di Indonesia semakin hari membuat keberadaan direktori ini semakin diakui, karena searching yang dilakukan akan lebih spesifik mengarah pada site-site yang berhubungan dengan Indonesia.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home