Wednesday, March 26, 2008

TEH

Eeeehhhhh........ternyata minuman yang sering kita jumpai ini mempunyai keunikan tersendiri!!!!!
TEH itu adalah salah satu dari beberapa minuman yang paling banyak digemari masyarakat pada umumnya. Baik karena harganya yang terjangkau sampai rasanya memikat. Dibalik semua itu teh ternyata juga memiliki andil dalam kesehatan kita!!!! Memang tidak terlalu mencolok kasiatnya, tapi kalau kita teliti lebih dalam teh itu sendiri mamiliki unsur - unsur yang positif bagi tubuh kita. Dan tidak dikatakan unik pula bila teh tidak mempunyai banyak saudara kembar. Sebenarnya teh itu dibagi atas berberapa jenis.

Selama ini orang mengenal empat jenis teh, yakni teh putih, hijau, oolong, dan teh hitam. Perbedaan keempatnya terletak pada metoda pemrosesan daun teh setelah dipetik. Tiap jenisnya dijuluki berbeda-beda pula sesuai tempatnya diproduksi.

Di antara jenis-jenis teh tadi, teh hijau memang lebih populer. Setelah selama berabad-abad menjadi minuman pilihan di Asia, kepopuleran teh hijau kini merambah ke negara Barat. Kunci popularitasnya terletak pada aroma alaminya dan manfaatnya bagi kesehatan.

Teh hijau ini dikenal dua macam menurut asalnya, yakni teh hijau Cina dan Jepang. Hampir semua teh yang diminum di Cina adalah teh hijau. Begitu pula dengan di Jepang. Di AS popularitas teh jenis ini meningkat setelah menjadi bagian penelitian ilmiah yang mengaitkannya dengan penurunan risiko terhadap kanker.

Meski tak sepopuler teh hijau, teh oolong juga memiliki penggemar sendiri. Teh oolong terbaik di dunia kebanyakan diproduksi secara eksklusif di Cina, Darjeeling (India), dan Formosa (Taiwan).

Sementara, teh hitam terbaik di dunia dihasilkan di India (Assam, Darjeeling, dan Nilgiri), Sri Lanka (Ceylon), dan Cina. Di negara-negara Barat konsumsi tehnya lebih dari 80% menggunakan teh hitam. Khusus, di AS konsumsi teh jenis ini mencapai lebih dari 90%.

Keempat jenis teh tersebut berbahan mentah sama, yakni tanaman teh Camellia sinensis. Meski di banyak tempat di dunia bisa ditemukan, namun yang terbanyak dibudidayakan di India, Cina, Kenya, dan Sri Lanka.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home